All Along the Nineties

Sharing playlist hari ini. Top ten dari 60 lagu di WinAmp gw sepanjang hari. It's all about early 90's songs, suatu era yang baka...


Sharing playlist hari ini. Top ten dari 60 lagu di WinAmp gw sepanjang hari. It's all about early 90's songs, suatu era yang bakal gw immortalize...

01. Green River Jam - Ain't Nothing to Do (Live in Las Vegas 1993)
Disebut "Green River Jam" karena sebetulnya ini terjadi di encore konser Mudhoney dan Pearl Jam yang kembali mempertemukan eks personel Green River: Mark Arm, Steve Turner (both Mudhoney) Stone Gossard, Jeff Ament (both Pearl Jam). Lagu yang dibawakan adalah salah satu lagu Green River yang mencuat sebagai pionir gerakan musik di Seattle dan dianggap salah satu pelopor kebangkitan whatsocalled grunge di akhir 80-an.

02. Green River - Swallow My Pride
Sedangkan yang ini adalah Green River tulen, masih beranggotakan Mark Arm, Steve Turner, Stone Gossard, Jeff Ament dan Alex Vincent. Swallow My Pride tidak pernah dirilis dalam album resmi satu-satunya Green River, tetapi mencuat karena muncul di kompilasi soundtrack film dokumenter Hype yang dirilis tahun 1995.

03. Beastie Boys - Nothing to Say
Pelopor "hip metal" atau paduan antara musik distortif ala punk dan lirik rap. Lagu ini diambil dari kompilasi Music for Our Mother Ocean (MOM) 3 yang dirilis sekitar tahun 1998.

04. Bush - Everything Zen
Salah satu lagu paling terkenal dari band yang digawangi Gavin Rossdale. Diambil dari album fenomenal-nya, Sixteen Stone, Bush menjelma sebagai band Inggris pertama yang mengambil langsung influens Seattle Sound Movement sehingga harus terasing dari ranah Britania Raya untuk kemudian mengungsi ke California.

05. Soundgarden - Birth Ritual
Salah satu pattern riff legendaris dari band tercadas dari keluarga besar Seattle Sound. Kim Thayil menciptakan beberapa signature permainan gitar yang paten termasuk di antaranya via lagu yang terdapat di kompilasi soundtrack film Singles (1992) ini. Chris Cornell screamed at his best!

06. Nirvana - Dive
Salah satu bukti yang menimbulkan "kebingungan" untuk meletakkan porsi Nirvana sebagai pencipta pattern-pattern "slow-verse//hard-chorus" atau full band yang besar karena membuat inovasi hardcore seperti dalam lagu ini.

07. Alice in Chains - Would?
Lagu paling terkenal dari tetua Seattle Sound. Meski James Hetfield membawakan ulang di tahun 2006 lalu, rasanya memang hanya kombinasi Jerry Cantrell dan Layne Staley-lah yang mampu menghidupkan roh lagu ini.

08. Mudhoney - Touch Me I'm Sick
Lirik ironi dan permainan riff-riff pendek ala garage rock adalah trademark Mudhoney di awal-awal 90-an (musik mereka dirombak total ketika grunge mewabah di pertengahan 90-an). Touch Me I'm Sick adalah preseden sempurna dari katalog lagu Mudhoney.

09. Stone Temple Pilots - Vasoline
Band asal San Diego yang menjadi pionir kebangkitan genre Post-Grunge. Lagu yang diambil dari "Purple" (yang bergambar anak kecil dan naga dalam lukisan ala Chinese) ini adalah salah satu lagu yang mengantar De Leo cs. ke gerbang ketenaran.

10. Dead Moon - 54/40
Band punk yang underrated dari barat daya Amerika (daerah sub-urb Seattle). Beranggotakan tiga orang (salah satunya perempuan pencabik bass), dengan lagu-lagu yang "romantis" dalam hentakan kencang khas musik punk klasik. Padanan tema dan musik yang diambil membuat blur garis batas antara SexPistolian Punk dan Ramonesian Punk.
Reactions: 

Related

playlist 4100989852607128137

Posting Komentar Default Comments

Follow Me

-

SHOP

Popular

@helmantaofani

Arsip Blog

item