Mod and Target

Apa arti simbol pada baju yang dikenakan Keith Moon (dua dari kiri) di atas? Asosiasi terdekat bagi saya adalah seringnya simbol itu m...



Apa arti simbol pada baju yang dikenakan Keith Moon (dua dari kiri) di atas?

Asosiasi terdekat bagi saya adalah seringnya simbol itu muncul dalam identitas penggemar Pearl Jam. Situs "five horizon", wadah fans Pearl Jam, memasangnya sebagai ornamentasi dalam website mereka. Asal-usulnya, simbol itu muncul dalam sebuah foto terkenal Pearl Jam yang menampilkan Eddie Vedder berpose di depan logo tersebut. Logo itu juga digunakan Vedder dalam berbagai kesempatan, termasuk di T-Shirt dan gitarnya.

Asosiasi kedua, logo tersebut adalah imej The Who yang lumayan sering menggunakannya sebagai backdrop panggung. The Who memiliki kaitan erat dengan Vedder sebagai orang yang tumbuh dengan pengaruh berat Pete Townshend dan kawan-kawan. Jadi bisa ditebak darimana munculnya logo tersebut sehingga terasosiasi dengan Ed Ved.

Berangkat dari dua asosiasi tersebut, rada kaget juga ketika nemu bahwa logo ini mulai menjamur di kalangan distro-distro. Ada yang memakainya sebagai mata ikat pinggang, bros, pin up, dan aksesoris lainnya. Di lain kesempatan, seorang rekan saya yang cukup "gaul" mengecat vespa-nya dengan logo ini di bagian sayap depannya. Cukup pelik merangkaikan koneksi ini dengan Pearl Jam, tetapi ternyata lumayan mudah ditelusuri dengan jalur The Who.

Di era akhir 60-an dan awal 70-an, The Who termasuk salah satu band yang mempopulerkan "Mod Style". Gaya ini meluas dikalangan remaja, lekat dengan imel fashion jas setelan necis, topi, tongkat, dan sebagainya. Dilengkapi dengan scooter, gaya ini cukup hype yang mengakibatkan muncul sebagai sub-kultur tandingan dari komunitas rock yang lekat dengan motor-motor gede-nya. Later, gaya ini dianggap sebagai visualisasi hedonis yang lekat dengan gaya berfoya-foya dan menempatkan "antiquity" di atas segalanya, dan cenderung bermoral rendah. Inget film "A Clockwork Orange" garapan Kubrick? Itulah Mod versi sinisme.

Dan sekarang tampaknya sub-cult ini tengah menapaki kembali jejak kepopulerannya lewat band-band "mod" baru yang lekat dengan citarasa retro Rock N Roll. Scene musik selalu beriringan sayap dengan gaya. Disitulah celah dilihat oleh para pengusaha distro untuk menjual imej ini.

PS: Logo ini juga menjadi logoicon US Air Force. Coba simak apa yang ada di lambung pesawat-pesawat tempur AS!
Reactions: 

Related

music 1724961696280127136

Posting Komentar Default Comments

Follow Me

-

SHOP

Popular

@helmantaofani

Arsip Blog

item