Envious XP

Beberapa minggu lalu, Rafael , sahabat saya ada kesempatan untuk melakukan ekskursi ke Jepang bersama rombongan. Since ini adalah ekskur...


Beberapa minggu lalu, Rafael, sahabat saya ada kesempatan untuk melakukan ekskursi ke Jepang bersama rombongan. Since ini adalah ekskursi bertema arsitektur, so kunjungannya ditekankan ke objek-objek arsitektur. Jauh-jauh hari saya sudah pesen ke Rafael buat experience satu karya Foreign Office Architects (FOA*) yang ada di Yokohama, yaitu Yokohama Terminal Ports (YTP) atau disebut Osanbashi Poer oleh penduduk setempat.


YTP dulu sangat hype di antara kami berdua, terutama dalam tahap-tahap penyusunan Tugas Akhir saya tentang kecenderungan Arsitektur di masa depan yang akan sangat banyak dipengaruhi mobilitas. YTP adalah preseden utama.

YTP adalah sebuah "terminal" multi-moda, mulai dari Ferry, KA, bus, dan sebagainya yang berfungsi sebagai node utama di kota Yokohama. Dalam sayembara yang diselenggarakan, FOA memenangkannya dengan konsep mobilitas dan programming yang membentuk fluiditas bangunan**. Mobilitas yang berasal dari Ferry, kendaraan roda empat, sepeda, pejalan kaki dan sebagainya dipertimbangkan sebagai unsur yang membentuk arsitektur.

Saya juga memprediksi bahwa di masa mendatang tempat-tempat yang menjadi "urban pause" semacam terminal, halte, stasiun, bandara dan sebagainya akan menjadi core aktivitas masyarakat kota. Salah satu presedennya bisa dilihat di YTP. FOA mengantisipasinya dengan membuat urban park di atas YTP berupa rerumputan dan dock kayu yang bisa menjadi ruang publik.

Since secara disain YTP dirancang berdasar program, maka untuk merasakan "keindahan"-nya haruslah dengan merasakan ruangnya. Rafael lebih beruntung karena berkesempatan merasakannya. Tanpa banyak kesan kata, pengalaman itu dituangkan dalam wujud tiga lembar foto yang cukup membuat iri...



* | Biro arsitektur yang berbasis di Jepang dan UK, dengan mastermind dari dua orang arsitek, Alejandro Zaera Polo dan Farshidd Moussavi. Keduanya adalah keturunan Spanyol dan Iran, respectively, sehingga biro arsitek yang terbentuk bernama Foreign Office Architects.
** | Konsep yang sama dipakai juga oleh Greg Lynn, jadi mungkin ini adalah TOR panitia sayembara
Reactions: 

Related

random notes 2402329125906030208

Posting Komentar Default Comments

Follow Me

-

SHOP

Popular

Arsip Blog

item