Story of Mr. Faded Glory

Have you ever heard a story, of Mr. Faded Glory... - Crown of Thorns - Mother Love Bone Akhir tahun ini ada rencana tentatif untuk ri...


Have you ever heard a story, of Mr. Faded Glory...
- Crown of Thorns - Mother Love Bone


Akhir tahun ini ada rencana tentatif untuk rilis DVD tentang Andrew Wood (bio-dokumenter) dengan judul "Malfunkshun: The Andrew Wood Story". Andrew Wood adalah vokalis "Mother Love Bone", band dimana bassis dan gitaris Pearl Jam Jeff Ament dan Stone Gossard memperoleh deal major-label pertama mereka (waktu di "Green River", band Ament/Gossard sebelum MLB, rilisan mereka hanya di-handle oleh Sub Pop yang waktu itu masih jadi label lokal). Sementara "Malfunkshun" adalah band Andy Wood sebelum dia membentuk MLB. Malfunkshun turut mengisi kompilasi legendaris "Deep Six" yang lantas menjadi platform perkembangan musik di Seattle.

Meski menggunakan nama Malfunkshun, dokumentari ini pada dasarnya bercerita tentang biografi Andy Wood (dari kecil sampe meninggal) yang disajikan oleh sutradara Scot Barbour dalam kacamata artistik. Worth watching! Apalagi banyak keterlibatan personel pelaku Seattle Scene dari band papan atas macam Pearl Jam dan Soundgarden, termasuk impak ketika Andy meninggal. Konon, bagian terbaik dari DVD ini, menurut Barbour, adalah momen dimana Chris Cornell dan Stone Gossard menulis lagu "Say Hello to Heaven" yang kemudian ada di album Temple of the Dog.

Andy Wood lahir 6 Januari 1966, kemudian terkenal dengan band yang dibentuknya, Malfunkshun dan Mother Love Bone. Sesuai dengan pernyataan Susan Silver dan Jack Endino di film dokumentari Hype!, Andy Wood merupakan ikon rock n roll satu-satunya di Seattle, karena membawa nafas hard-rock dan glam yang tengah berkembang waktu itu (mid dan akhir 80-an). MLB, diproyeksikan sebagai band glam-rock besar asal Seattle sebelum Wood meninggal karena overdosis heroin pada 19 Maret 1990, atau hanya berselang beberapa bulan sebelum album MLB perdana dirilis. Meninggalnya Wood memberi dampak yang besar terhadap scene di Seattle seiring dengan band-band lain lantas berubah haluan untuk menciptakan hybrid musik tersendiri yang lantas meledak dan dikenal sebagai grunge.

Bagaimanapun, kontribusi Wood terhadap musik Seattle sangat besar. Oleh karenanya, beberapa musisi membuat tribute kepada Wood. Yang paling menonjol adalah album "Temple of the Dog" yang dikerjakan oleh Chris Cornell bersama eks dua anggota MLB, Jeff Ament dan Stone Gossard, beserta cikal bakal Pearl Jam: Mike McCready dan Eddie Vedder, serta drummer Soundgarden Matt Cameron. Selain Temple of the Dog, Alice in Chains juga membuat lagu untuk Andy Wood dalam wujud lagu "Would?". Faster Pussycat membuat lagu "Mr. Lovedog" yang juga merupakan tribute ke Andy*. Vokalis Faster Pussycat, Taime Downe memang berasal dari Seattle.

Sementara mengenai Malfunkshun, di tahun 1995 Stone Gossard via labelnya, Loose-Groove merilis "Return to Olympus", sebuah album yang berisi demo-demo dan lagu yang belom dirilis dari band Malfunkshun. Itu jadi satu-satunya album Malfunkshun yang full dan nation-wide release. Malfunkhsun masih eksis sekarang, dengan dua original member-nya ketika bergabung dengan Deep Six, Kevin Wood (adik Andy Wood) dan drummer Regan Hagar.

*| "Dog" ini imejnya seperti lekat sama Andy, regarding banyak sekali yang berhubungan dengan "dog" - Tempe of the Dog, Stardog Champions, etc
Reactions: 

Related

music 1593326508770945246

Posting Komentar Default Comments

Follow Me

-

SHOP

Popular

@helmantaofani

Arsip Blog

item