Addio Fabio

Italia harus bersiap mengarungi Euro tanpa kapten mereka, Fabio Cannavaro. Sebuah tekel dari bek Giorgio Chiellini kala latihan, Senin kema...


Italia harus bersiap mengarungi Euro tanpa kapten mereka, Fabio Cannavaro. Sebuah tekel dari bek Giorgio Chiellini kala latihan, Senin kemarin, ternyata membuat cedera bek nomor satu Italia tersebut. Hingga, Canna yang telah membela Italia sebanyak 105 kali harus mundur dari skuad Azzurri, sekaligus melupakan ambisinya memimpin Italia di ajang prestisus tersebut.

Kini, bola ada di kaki Donadoni untuk menentukan jendral lini pertahanan Azzurri. Sebagai pengganti Cannavaro, Donadoni memanggil bek sentral Fiorentina, Alessandro Gamberini. Namun, tampaknya pilihan terbaik Donadoni adalah memasang Andrea Barzagli dan Marco Materazzi, mengingat keduanya telah berpengalaman bermain di ajang besar sebagai veteran Piala Dunia 2006 lalu.

Keluarnya Canna juga membuat ban kapten bergeser. Besar kemungkinan, kiper Juventus, Gianluigi Buffon akan menyandang status kapten. Buffon saat ini telah membela Italia sebanyak 82 kali, nomor tiga terbanyak setelah Cannavaro dan rekan seklubnya, Alessandro Del Piero. Meski mengumpulkan caps lebih banyak (85), namun belum pastinya status starter untuk Del Piero bisa membuat Donadoni mantap memilih Buffon sebagai kapten Italia di Euro kali ini.

Yang jelas, dengan waktu seminggu, Don harus jeli mengantisipasi mundurnya Cannavaro. Dari sisi teknis, Italia kehilangan sosok bek yang lincah dan antisipatif. Stok bek sisa tidak ada yang setipe dengan Canna. Kemudian, yang lebih penting, sosok pemimpin di Italia juga berkurang. Selain jadi commander di lini belakang, Canna adalah kapten Italia sejak tahun 2002, selepas Paolo Maldini pensiun. Tak bisa dipungkiri, kehilangan Cannavaro adalah major blow untuk Italia.

Addio, Fabio!
Reactions: 

Related

football 4618938019025758279

Posting Komentar Default Comments

4 komentar

eko mengatakan...

Nah Lho???

Helman Taofani mengatakan...

Tenang...others prefer the smooth way to win, Italy - as always - pick the hard one.

Piala Dunia juga practically tanpa Alessandro Nesta, and they're doing just fine.

;)

Raden Mas Angki Bukaningrat mengatakan...

Belanda is de bes.

Ipul mengatakan...

Emang keliatan sih bagaimana susahnya Italy tanpa Canna...

hope for the best tonight..
Rumania bisa dikalahkan kok..meski tanpa Canna...

Follow Me

-

Popular

Arsip Blog

item