Memori Neil Young

Outside Lands Festival, San Fransisco Aug 28, 2009 Bila ditengok dari refresh-rate dan pertambahan daftar lagu, maka show di Golden Gat...



Outside Lands Festival, San Fransisco
Aug 28, 2009

Bila ditengok dari refresh-rate dan pertambahan daftar lagu, maka show di Golden Gate Park ini bisa dibilang sedikit di bawah standar. Harapan saya pribadi, Pearl Jam menyentuh angka 100 di konser kesepuluh mereka, namun angka masih stuck di angka 91, sementara lagu seperti Jeremy bahkan belum dibawakan.

Festival Mind
Tapi bila kita lihat bahwa ini adalah event festival, maka pilihan setlist menjadi logis. Bila bermain di festival, maka audiens-nya adalah audiens heterogen yang tidak semuanya datang untuk Pearl Jam. Maka, munculnya lagu-lagu "upbeat" mulai dari Why Go sebagai pembuka, Animal, Evolution dan Save You menjadi wajar dikala tuntutan mereka adalah "memompa" adrenalin penonton yang datang untuk menonton festival musik. Setlist ini bisa dibandingkan dengan set di Calgary pada pembuka tur 2009.

Selain pilihan lagu, kemungkinan band untuk "bermain" dengan encore menjadi terbatas dalam even festival. Ini yang memicu munculnya pattern sedikit tak standar, dengan 18 lagu di main set (dari biasanya 17) dan encore yang cenderung lebih pendek, termasuk hanya dua lagu di encore final.

Neil and Frisco
Sedikit treat untuk warga Frisco, dengan munculnya dua lagu Neil Young di encore akhir. Ini bisa dikaitkan dengan peristiwa pada tahun 1995, ketika Eddie Vedder harus menghentikan show di lagu ketujuh akibat keracunan sushi. Pearl Jam tidak mundur dari panggung lantaran Neil Young muncul menggantikan Vedder dan jamming sampai akhir durasi konser, membawakan lagu Mirror Ball yang akan rilis 3 hari kemudian. Hence, bisa dibilang Neil "menyelamatkan" Pearl Jam waktu itu.

Selain itu, Outside Lands adalah festival yang origin-nya menjadi ajang berkumpulnya kaum hippie, sebagai "follow up" dari Woodstock tahun 1969. Mereka cenderung memuja band yang memainkan southern rock atau folk, dengan salah satu legendanya adalah Neil Young, baik sebagai pribadi maupun bagian dari supergrup Crosby-Still-Nash-Young.

Dan sebagai bentuk tributasi, seperti yang diceritakan ulang oleh Vedder sendiri pada saat konser di 2009 ini, Pearl Jam membawakan dua lagu Neil Young, Throw Your Hatred Down (dari Mirror Ball) dan Rockin' in the Free World. (Photo: Google)
Reactions: 

Related

pearl jam 3591821201501719249

Posting Komentar Default Comments

Follow Me

-

Popular

Arsip Blog

item