Pearl Jam 2009 Tour Statistic Project

Note: Show Alberta, London (Shepherd's Bush Empire) dan Rotterdam digabung dalam satu catatan. Tur tahunan Pearl Jam baru digulirkan d...


Note: Show Alberta, London (Shepherd's Bush Empire) dan Rotterdam digabung dalam satu catatan.

Tur tahunan Pearl Jam baru digulirkan dua hari lalu, Sabtu (8/8), dimulai di Alberta, Calgary, Canada. Tur masih akan berlanjut sampai akhir November, dari Eropa, ke Amerika dan Australia serta Selandia Baru. Itu artinya masih ada lebih dari 65 jam lagi yang dibagi menjadi 26 konser dengan ratusan lagu yang akan mewarnai perjalanan lintas benua band asal Seattle tersebut.

Bagi fans Pearl Jam, salah satu ritual menarik yang senantiasa ditunggu pada setiap tur adalah mencermati diversifikasi lagu yang dibawa dalam setiap konsernya. Ya, sebagai "tradisi", dari sekitar 160 katalog lagu Pearl Jam (ditambah ragam cover songs), hampir bisa dipastikan akan senantiasa dirotasi Eddie Vedder cs untuk menghasilkan konser yang berbeda satu sama lainnya. Itu juga berarti tak ada perlakuan khusus terhadap lagu dan album yang mereka anggap sebagai "hits".

Salah satu bukti mengenai hal itu bisa dicatat dari dokumentasi "setlist" konser yang diabadikan fans Pearl Jam, dan bahkan kini mulai muncul di situs resmi Pearl Jam.

Untuk itu, mulai dari konser pembuka di Alberta, saya akan mencoba mencatat statistik lagu-lagu yang dibawakan Pearl Jam di setiap konsernya. Lagu apa yang paling banyak dibawakan dalam 26 konser nantinya? Album apa yang paling sering dibawakan lagunya? Apakah Backspacer, sebagai album terbaru yang tengah mereka promosikan? Atau Ten yang sering dicap sebagai "satu-satunya" album hits Pearl Jam? Lagu apa yang paling sering dipakai sebagai pembuka?

Dan serial notes ini akan mengiringi data statistik lagu saya sampai akhir tur nantinya. (Photo: Karen Loria)
Reactions: 

Related

pearl jam 2553970279806746245

Posting Komentar Default Comments

Follow Me

-

Popular

Arsip Blog

item