5 Film Favorit 2013

While 2013 bukan tahun apresiasi film bagi saya, tetapi ada saja beberapa sinema yang "nyangkut" bahkan setelah berganti tahun....


While 2013 bukan tahun apresiasi film bagi saya, tetapi ada saja beberapa sinema yang "nyangkut" bahkan setelah berganti tahun. Berikut beberapa, yang bila Anda sudah menontonnya, sila komen di bawah - namun bila belum, go get it. Konteks 2013 ini adalah film rilisan tahun tersebut dan ditonton dari Januari sampai Desember sebelum sempat berganti kalender.


STORIES WE TELL
What - Sarah Polley, aktris dan (kini) sutradara film Kanada membuat dokumenter dengan gayanya sendiri untuk melacak sosok ibunya yang kadang-kadang misterius. Why - Narasi yang datang bertubi-tubi akan membuat bingung (kadang) tetapi malah jujur mengungkapkan emosi dan pendapat mereka. Who - Bintangnya tentu Sarah Polley yang membuat gaya dokumenter nan unik, tetapi ayahnya (Michael Polley), yang turut membacakan narasi atas nama Sarah, juga mencuri perhatian.

SIDE EFFECTS
What - Seorang mantan istri narapidana harus menjalani rangkaian terapi dan penyelidikan atas dugaan efek samping dari obat penenang. Why - Twist ending dan misteri yang pelan-pelan tersibak membuat film ini menarik ditonton dari awal sampai akhir. Semua aktor dan aktrisnya bermain prima. Who - Rooney Mara mencuri spotlight dari Catherine Zeta-Jones dan Channing Tatum. Beruntung Jude Law bermain bagus untuk mengimbanginya. Sutradara Steven Soderberg juga layak diacungi apresiasi.

WORLD WAR Z
What - Zombie outbreak, dengan jumlah masif di seluruh dunia yang membuat humanity tampak di ujung jurang. Seorang petugas PBB mencari tahu solusi dari masalah ini di tengah dunia yang tak tampak aman, di manapun. Why - Not your ordinary zombie films. World War Z boleh saja belok dari konsep aslinya - novel oral history yang menarik - tetapi gabungan aksi, horror, dan drama membuat versi filmnya tetap outstanding. Who - Brad Pitt, sekali lagi, menunjukkan kapasitasnya untuk mengangkat dan mencegah film ini dari klise dengan akting wajarnya. Marc Foster juga piawai memasukkan adegan-adegan monumental dalam film. 

SOUND CITY
What - Dave Grohl membuat dokumenter tentang aspek legendaris dari studio musik bernama Sound City, di Los Angeles. Dengan memori kolektif, harapannya adalah menahbiskan status studio musik yang menghasilkan Nevermind (Nirvana, 1991) ini sejajar dengan Abbey Road. Why - Grohl berhasil mengarahkan dialog yang mebentuk film dokumenter ini dalam banyak angle. Ada sisi humor dan drama secara seimbang. Who - Rick Springfield, bintang film dan rockstar jadul yang namanya berkibar kembali. Di samping tentunya Dave Grohl yang celetukannya menghidupkan suasana.

TRANCE
What - Upaya menyingkap perampokan lukisan mahal melalui teknik hipnotis. Petugas museum, dokter ahli hipnosis, dan gangster London terlibat dalam maze cerita yang menarik dengan bumbu sadistis. Why - Flashing body (and boobs, and pussy) dari Rosario Dawson. Kidding. Or not (google: Rosario Dawson Trance - images). Tapi dari sisi cerita sendiri juga seperti membongkar sebuah gunung es. Mempunyai formula kombinasi film heist dengan Inception. Who - Rosario Dawson. Err, oke James McAvoy tidak terlalu aneh di sini, tapi jelas ia tidak dalam satu liga dengan Vincent Cassell.
Reactions: 

Related

recap 8336146398196953084

Posting Komentar Default Comments

1 komentar

info kerja mengatakan...

terimakasih listnya, filmnya memang keren banget

Follow Me

-

SHOP

Popular

Arsip Blog

item