Revamp Trivia Bola

Sekitar empat tahun silam, saya berinisiatif untuk memulai project bernama "Trivia Bola" di segmen Klasika, harian Kompas. Wa...


Sekitar empat tahun silam, saya berinisiatif untuk memulai project bernama "Trivia Bola" di segmen Klasika, harian Kompas. Waktu itu bertepatan dengan penyelenggaraan Euro 2012. Kini, jelang penyelenggaraan Euro berikutnya, saya mencoba me-revitalisasi project tersebut.

Mulanya, project ini diniatkan sebagai filler (pengisi space), ketika ada satu halaman yang selalu ada ruang kosong berukuran 32,5 x 10 cm. Ruangan ini kemudian saya minta untuk diisi konten seputar Piala Eropa 2012. Waktu itu diberi nama "Eurovaganza", dan digunakan untuk mengatrol akun Twitter @KompasKlasika yang juga baru saja diaktifkan kembali.


Sebulan penyelenggaraan (Eurovaganza tayang seminggu sekali), konten kecil ini cukup menaikkan angka followers Twitter. Berkonsep trivial facts, dicampur sedikit infografis dan interaksi dengan followers antar-platform, pakem ini menjadi menantang untuk kami teruskan usai gelaran Euro. Jadilah nama "Trivia Bola" ditahbiskan menyongsong Liga Eropa musim 2012/2013. Konsepnya masih sama.

Ketika tidak memegang lagi desain grafis, sekitar tahun 2014, project ini beralih tangan. Terbit tetap seminggu sekali, namun isinya lebih banyak ke infografis statistik, dan agak kurang "trivial" lagi. Per Maret 2016 ini, saya coba merombak lagi konsepnya, menggabungkan konsep lama dan baru. Masih berpusat pada infografis statistik, namun angle-nya berbeda.

Saya mulai dengan wawancara terhadap  pembaca Kompas yang tidak menggemari sepak bola. Konten mengenai bola apa yang membuat mereka tertarik untuk melirik. Jawabannya, mungkin sudah terduga, antara lain:

  • Daftar pemain yang ganteng, dan pasangan mereka yang, tentunya, equally cakep (WAGS). Segmen ini dulu hadir di konsep Trivia Bola 2013.
  • Sisi bisnis sepak bola, dengan informasi nilai transfer, harga pemain, dan sebagainya. Intinya, sepak bola juga dilihat dari sisi uang.
  • Trivial info, macam sejarah atau fakta unik juga masih menjadi preferensi.
  • Gol-gol indah. Saya ingin, sebetulnya, menghadirkan segmen "golazo of the week" dalam bentuk ilustrasi.
  • TV Guide, berupa panduan siaran langsung (atau acara yang berhubungan) sepak bola, terutama Liga Eropa.

Dari insights tersebut, lantas saya membuat konsep, menyesuaikan dengan space yang tersedia. Memanfaatkan inventory yang idle di segmen Klasika, saya bisa mendapatkan ruang berukuran 14 x 30 cm. Rencananya, revamp ini akan mulai berjalan bersamaan dengan re-launching fitur baru apps Kompas TTS pada 19 Maret 2016.


Saya mulai membuat sketsa, dan menuangkannya ke dalam desain. Hasilnya, revamp rubrik "Trivia Bola" bisa mulai dinikmati pembaca per-edisi Sabtu, 26 Maret 2016. Rencananya, rubrik ini akan hadir tiap Sabtu dengan membahas duel seru yang terjadi pada pekan tersebut. Bukan dari sisi teknis, tapi dari sisi finansial dan aspek bisnisnya. Selain itu, informasi sejarah berupa duel klasik dan info trivial juga dihadirkan sesuai dengan insight yang didapat.


Pengembangan ke depan masih bisa menyisakan ruang bagi "golazo of the week", WAGS, dan TV guide. Untuk sementara, saya cukup suka dengan hasilnya.
Reactions: 

Related

trivia bola 6546564753066470712

Posting Komentar Default Comments

Follow Me

-

SHOP

Popular

@helmantaofani

Arsip Blog

item