2007 Playlist

Mengikuti fenomena budaya yang terjadi di awal tahun, rasanya sedikit flashback bisa membumbui postingan-postingan saya di blog ini. Kali in...


Mengikuti fenomena budaya yang terjadi di awal tahun, rasanya sedikit flashback bisa membumbui postingan-postingan saya di blog ini. Kali ini flashback dalam hal musik sepanjang 2007 yang terekam dalam database situs Last FM. Situs tersebut meng-collect database lagu demi lagu yang saya mainkan melalui WinAmp komputer kantor yang selalu connect dengan internet. Setiap saya memainkan sebuah lagu, sebuah plugin akan broadcast data tersebut sebagai feeder kolek database di situs Last FM yang chart mingguannya bisa Anda lihat di kolom navigasi sebelah kanan blog ini.

Pearl Jam mendominasi playlist saya di sepanjang 2007 lalu (tentunya). Hal ini mungkin ditunjang dengan koleksi musik digital saya yang hampir 50% didominasi band asal Seattle tersebut. Oleh karena itu, tidak adil rasanya jika kategorisasi "award" ini berdasarkan lagu. Lagu Pearl Jam pasti akan mendominasi. Pilihan kemudian jatuh ke dua kategori, yaitu band/artis dan album. Band/artis pasti akan menghasilkan daftar yang indigenus, sementara album lebih representatif untuk memperlihatkan persebaran pola lagu.

Anyway, here it goes...

TOP 10 ALBUM of 2007
Banyak didominasi oleh Pearl Jam (teteup)...

01. Yield - Pearl Jam
Album kelima dari Pearl Jam yang dirilis pada 1998. Saya pertama kali kenal dengan album ini tepat dengan momen saya mulai "menggali" kasanah musik. Album ini adalah album pertama yang bisa saya cerna murni dengan konstan mendengarkannya kemudian menghasilkan apresiasi positif. Tak heran, sampai sekarang Yield masih bolak-balik masuk dalam playlist WinAmp saya, atau bahkan di CD player yang ada di rumah.

02. Lost Dogs - Pearl Jam
Kaget juga ketika menemukan fakta kompilasi B-Sides Pearl Jam ini betengger di urutan dua klasemen album. Saya hanya memutar beberapa lagu dari album ini, most notably Dirty Frank, Black Red Yellow dan Yellowledbetter, tetapi mungkin dengan frekuensi yang berulang sehingga mengantar scrobbling album ini di urutan kedua sepanjang 2007.

03. Versus - Pearl Jam
Album yang dirilis tahun 1993 ini adalah album yang hampir semua lagunya saya suka.

04. Garage Inc - Metallica
Full album Metallica pertama yang saya punya dalam bentuk musik digital. Lagu-lagu lainnya tersebar tanpa preferensi khusus mana yang lebih banyak. Sebetulnya album favorit saya dari Metallica adalah "Ride the Lightning" (1984), album kedua mereka. Tetapi saya baru mendapatkan format digital beberapa lagu dari album tersebut di pertengahan tahun ini mungkin. Jadi justice hasn't been done. Tetapi objektifnya, saya masih sering scrobbling lagu-lagu dari Garage.

05. Ten - Pearl Jam
Album pertama Pearl Jam dan mungkin merupakan album favorit "sejuta umat" dari mereka yang juga menggemari Eddie Vedder dkk.

06. Vitalogy - Pearl Jam
Album favorit saya sepanjang masa. Entah kenapa hanya bertengger di urutan 6 sepanjang 2007 ini. Mungkin karena track-track eksperimental (Pry To, Aye Davanita, Bugs, atau Stupid Mop) yang lumayan banyak mendiami album ketiga Pearl Jam ini jarang saya putar sehingga secara signifikan mengurangi frekuensi putarnya. Meski demikian, lagu dari album yang dirilis pada 1994 ini, berjudul "Corduroy" mantap memuncaki chart per-lagu.

07. Trick or Treat (Live) - Nirvana
Bootleg favorit saya dari band populer 90-an. Ini adalah salah satu dari sedikit bootleg dengan kualitas bagus dari Nirvana yang beredar. Katalog lagunya masih didominasi lagu-lagu dari album Nevermind. However, yang menjadi favorit saya adalah rendisi Cobain atas lagu lama band punk Skotlandia (the Vaselines) yang beken kemudian hari dalam versi akustiknya: "Jesus Don't Want Me for a Sunbeam".

08. OST Snatch - Various Artists
Saya sangat suka dengan film arahan Guy Ritchie ini, sekaligus menggemari soundtrack-nya yang berisi seleksi lagu-lagu ilustratif, namun bukan sebuah score film. Beberapa lagu dari Oasis, Klint, Overseer, Johnston Brothers, Massive Attacks sampai Madonna menjadi latar yang bagus sekali dari film gangster ala Inggris tersebut. Selera Ritchie mungkin bisa disejajarkan dengan selera Quentin Tarantino yang juga terkenal berhasil memilih lagu-lagu memorable untuk film-filmnya.

09. A Sides - Soundgarden
Kompilasi "the best" dari salah satu band terbaik di era 90-an.

10. Official Live: 101 Proof - Pantera
Album konser yang mengantar saya menggemari Phil Anselmo cs. Saya membaca banyak review, waktu itu (sekitar 1998-an) tentang album-album Pantera dari sebuah majalah musik bekas, dan tertarik untuk mendalami permainan gitar almarhum Dimebag Darrell yang konon sangat signaturish dan compete dalam hal menciptakan riff-riff muscular ala James Hetfield. Album ini adalah standar yang tepat.

TOP 10 ARTISTS/BANDS
Daftar yang masuk lumayan "predictable". Meski demikian, rada kaget juga GNR, STP dan Helloween tidak mendelegasikan album-album mereka dalam jajaran album pemuncak tahun 2007 lalu. Here's the list:

01. Pearl Jam
02. Metallica
03. Guns N Roses
04. Nirvana
05. Stone Temple Pilots
06. Helloween
07. Dream Theater
08. Chris Cornell
09. Rage Against the Machine
10. Pantera

Facts don't lie. Itulah data yang terekam dari Last FM, hasil grab database WinAmp saya sepanjang 2007. Butuh informasi yang lebih luas tentang profil musik saya? Silahkan kunjungi pranala ini: Lukin99. Jangan lupa, add saya jika Anda sudah punya akun di Last FM.

Happy 2008!
Reactions: 

Related

music 9060289790956753523

Posting Komentar Default Comments

3 komentar

Andri Kusuma Harmaya mengatakan...

Wah...Yen Metallica,aku tetep seneng album Black pak.Soale ntu album sebenar2nya Metallica.Tp ncen lagune bagus2 og..Khas Metallica gitu loh...
Trus yen Nirvana aku tetep seneng ama yg live di MTV tu lho pak...Apalagi kl liat video klipnya yg penuh bunga lily...So sweet... =)

Mohammad Helman Taofani mengatakan...

Kowe lak yo ngerti Metallica seko nDandung to nDri?

Ipul mengatakan...

hahahaha..Pearl Jam extrimist...
kalo album PJ, gw paling demen yang Yield..gak tau, kayaknya ada unsur magisnya yg luar biasa..

taun 2007, playlist gw juga kayaknya 90% berisi PJ..tahun kembalinya gw ke pangkuan Vedder dkk..

Follow Me

-

Popular

Arsip Blog

item