The Most Melodic Rock Band

The best thing about concert: they remind you the quality of songs from different experience. Sebelum konser Guns N' Roses, saya ya...


The best thing about concert: they remind you the quality of songs from different experience.

Sebelum konser Guns N' Roses, saya yakin 90% tidak peduli, tidak dengar, atau tidak tahu mengenai materi dari Chinese Democracy. Tapi setelah konser, sampai pagi hari di pesawat, banyak kedengeran senandung intro lagu "Better".

Mungkin ada tambahan pengalaman empiris melihat Melissa Reese yang menjadi vokal latar, tapi memang intro lagu tersebut melodis dan mudah diingat. Bagian dari lagu yang paling nyantol ke memori adalah melodi. Makanya ada lagu melodi memori.

Guns N' Roses adalah band rock yang sangat melodis. Band yang angkat nama di scene Sunset Strip akhir dekade 80-an ini dikelilingi para pembuat melodi. Bahkan dari pemain bas, drummer, dan gitaris ritem mereka.

Slash menciptakan sejumlah solo yang sedemikian melodis hingga tak bisa dicabut dari lagu. Bisakah Anda menyanyikan "Sweet Child O' Mine" tanpa menyenandungkan solo gitarnya? Dan pasti Anda hafal juga bassline di lagu tersebut.

Saking melodisnya, vokal yang biasanya mengikuti melodi kadang bisa menjadi ritem, pembentuk pola. Dengarkan saja "Coma", atau "Out to Get Me" yang riff-nya mempunyai hook untuk diingat, lebih kuat daripada liriknya.

Axl sendiri juga piawai dengan melodi. Buktinya ya itu tadi, masih bisa membuat hook di lagu-lagu Chinese Democracy, termasuk "This I Love". Tetapi tidak ada kohesi, sumbangan dari personil lain. Di satu bagian melodis, tapi buyar ketika memasuki bagian lain.

Titik inilah keping yang hilang, kemudian menjadi lebih konteks ketika Slash dan Duff kembali di tur Not in This Lifetime.
Reactions: 

Related

music 472666337990494237

Posting Komentar Default Comments

Follow Me

-

Popular

Arsip Blog

item