Some Culinary Glossary

Beberapa istilah yang mungkin Anda butuhkan untuk sekedar hangout bersama orang-orang Yunani...

Beberapa istilah yang mungkin Anda butuhkan untuk sekedar hangout bersama orang-orang Yunani...



Espresso | Merupakan inovasi untuk menikmati kopi yang ditemukan pada tahun 1822. Meski lekat dengan Italia, namun penemuan mesin espresso pertama justru dari Perancis. Orang Italia memang menyempurnakan kinerja mesin ini, dan menjadi yang pertama memproduksi secara masal. Itu sebabnya espresso identik dengan negeri spaghetti ini dengan hadirnya lebih dari 200.000 kedai kopi di sana.

Pizza | Kata “pizza” merupakan derivasi dari istilah Yunani “pita” yang berarti pai. Pizza memang pertama “ditemukan” orang Yunani kuno ketika mereka melapisi roti dengan minyak, sayur, dan keju. Orang Romawi yang mendiami Italia kini kemudian mengembangkan placenta, lembaran tepung yang ditaburi madu dan keju, serta dibumbui dengan daun salam. Inilah cikal bakal pizza modern, yang dikembangkan orang Italia Selatan dengan menambahkan tomat, pada abad ke-19.

Pretzel | Dikenal dengan nama brezel di Jerman, merupakan roti yang berbentuk seperti simpul. Roti ini populer di Eropa Tengah, terutama di daerah sekitar Jerman. Pretzel mempunyai status sebagai penganan dengan simbol-simbol tradisi dan keagamaan. Maka, tak heran bila roti ini acap digunakan sebagai makanan yang dihidangkan dalam festival-festival tradisional di Jerman, Austria, Luksemburg, dan Polandia. Pada 2003 dan 2004, pretzel khusus yang bernama “pretzel perdamaian” dibuat di Munich pada event amal UNICEF, dengan bentuk simbol perdamaian.

Tiramisu | Merupakan hidangan pencuci mulut yang yang terkenal dari Italia. Tiramisu asli terbuat dari bolu yang dicelup ke dalam kopi, dan dilapisi dengan campuran kuning telur, krim, dan tambahan perasa kakao. Resep ini telah dikembangkan dalam berbagai varian bentuk di berbagai daerah.

Wagyu | Merupakan jenis sapi yang sengaja dibiakkan untuk menghasilkan daging dengan karakteristik khusus berupa tingginya kandungan lemak di dalamnya. Ciri umum daging wagyu adalah dari strip-strip putih diantara warna merah daging. Daging sapi wagyu dikenal lembut dan “juicy”. Orang Jepang adalah yang pertama mendapat ide mengenai sapi yang sepanjang hidupnya mabuk (karena diasup sake) dan tidak banyak bergerak sehingga mayoritas serat dagingnya diisi oleh lemak, alih-alih otot. Teknik ini kemudian ditiru oleh para peternak sapi di negara lain. Di Indonesia, daging wagyu biasanya diimpor dari Australia.
Reactions: 

Related

random notes 1339558585636878556

Posting Komentar Default Comments

4 komentar

angki mengatakan...

Kenapa dengan Yunani? Apakah wong Yunani katrok?

Gina mengatakan...

wagyu gak dijelasin origin-nya dari Jepang?

Helman Taofani mengatakan...

Dear Angki, orang Yunani adalah orang yang pertama kali bikin istilah-istilah (bahasa latin). Hehehe...

Dear Gina, terima kasih atas kritikannya. Artikel sudah diperbaharui ya. :)

Andreas Eko Widodo mengatakan...

Saya tertarik dengan tulisan anda ini. Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis mengenai Indonesia yang bisa anda kunjungi di Informasi Seputar Indonesia

Follow Me

-

SHOP

Popular

Arsip Blog

item