Orion Live

20 tahun berselang sejak rilis album landmark , Master of Puppets . Kala itu pulalah, sebuah nomor instrumental lahir dari kolaborasi kuar...



20 tahun berselang sejak rilis album landmark, Master of Puppets. Kala itu pulalah, sebuah nomor instrumental lahir dari kolaborasi kuartet legenda dari jagad musik Metal berjudul Orion. Komposisi klasik berdurasi 8 menit lebih itu mengukuhkan root music Metallica yang tidak lagi berpijak pada dua instrumen petik maestro James Hetfield dan Kirk Hammett. Sebuah pemahaman baru bermusik Metallica juga lahir dari instrumen "cabik" yang besut oleh bassis mereka Cliff Burton.

Orion yang terdiri dari 4 fragmen signature membawa peran masing-masing "outfield player" (minus Lars yang menggawangi ritem dengan drum-nya). Fragmen pertama adalah unifikasi. Fragmen kedua adalah "sayatan hati" yang ditulis Cliff Burton sebagai riff legendaris. Fragmen ketiga adalah komposisi harmoni solo gitar yang ditulis James Hetfield. Sedang komposisi terakhir adalah signature Hammett dengan speed-lick-nya. Nahas memang, ketika lagu ini belom juga sempat melegenda, Cliff Burton sudah terburu kembali ke alam baka menyusul kecelakaan tragis yang menimpa band asal San Fransisco itu di Swedia.

Selama hampir 20 tahun, Orion dibekukan sebagai tanda semat ketiga personil tersisa untuk Cliff Burton. Bassis anyar pengganti Cliff, Jason Newsted sama sekali tidak diperkenankan menyentuh riff ini di atas pentas.

Barulah pada masa selebrasi 20 tahun album legenda, Master of Puppets, Metallica membawakan kembali lagu ini di atas panggung. Rock Am Ring 2006 (video) adalah salah satu saksi ketika di hadapan puluhan ribu penonton, Rob Trujillo, bassis paling gres Metallica membawa intro distortif yang menandakan Orion. Sontak kepalan tangan melambung ke angkasa ketika riff James Hetfield kembali mengawal lagu "suci" ini ke fragmen pertama. Bahkan secara spontan penonton menyalakan signal flare sebagai bentuk penghormatan mereka.

Mungkin inilah momen di mana Metallica akhirnya lepas dari bayang-bayang sosok Cliff Burton. Dengan melajunya Rob mengalunkan deret nada yang menandakan fragmen kedua Orion, penonton dibawa ke nuansa kesedihan 20 tahun lalu ketika Cliff tiada. Tetapi sekarang kepingan puzzle Metallica telah kembali lengkap dengan hadirnya bassis bertipe serupa dengan Burton dalam diri Rob Trujillo. Rob menunjukkan dirinya layak dengan menggeber bass solo mengiringi Hammett dalam fragmen akhir Orion yang menggiringnya ke applaus meriah dari audiens.

Di akhir pertunjukan, Hetfield menyebutkan Trujillo seraya mengingatkan audiens kepada sosok Burton yang kini telah menjadi bagian dalam soul permainan Trujillo. Orion adalah pembaptisan Rob Trujillo sebagai bassis Metallica sejati. Sesuatu yang bahkan Jason Newsted tidak pernah dapatkan...
Reactions: 

Related

trujillo 7202776262432740180

Posting Komentar Default Comments

2 komentar

Anonim mengatakan...

berat buat gw kali ini man selapan ama lu...
jagoan gw tetep -voorhees !!!!

Ifool mengatakan...

trus terang sih gw lom pernah merhatiin si bassis barunya Metallica ini, tp klo baca dr tulisanmu brarti si Trujillo ini emang kepingan puzzle yg baru ditemukan kembali...

btw, videonya udah dicabut tuh gak bisa ditonton lagi...

Follow Me

-

SHOP

Popular

@helmantaofani

Arsip Blog

item