1 Juli 1946 - 1 Juli 2007

Ayah saya dulu lahir di masa birokrasi belum terstruktur seperti semacam ini (meski sama-sama ribetnya). Usia Indonesia sebagai sebuah negar...

Ayah saya dulu lahir di masa birokrasi belum terstruktur seperti semacam ini (meski sama-sama ribetnya). Usia Indonesia sebagai sebuah negara berdaulat belum sampai ke taraf mereka memikirkan penerbitan dokumen-dokumen kependudukan macam akte kelahiran. Apalagi ayah saya lahir di pelosok, yang makin menyulitkan pendataan penduduk ketika dirinya lahir. Oleh karena itu, tahun 1954 ditetapkan suatu "Surat Keputusan" bagi mereka yang tidak berakte kelahiran dan tidak diketahui persis kapan tanggal, bulan dan tahun lahir. SK tersebut menetapkan tanggal, bulan dan tahun kelahiran "default" bagi orang-orang tanpa akte kelahiran berdasarkan tingkat pendidikan yang dijalani. Jika pada tahun 1954 ada di kelas 1 SD, maka ditetapkan dia akan lahir pada 1947 (asumsi usia kelas 1 SD adalah 7 tahun). Untuk siswa kelas 2, maka kelahirannya adalah 1946, dan seterusnya. Tanggal dan bulan lahir juga turut disamakan dengan tanggal keluarnya SK, yakni 1 Juli. Jadilah ayah saya yang saat itu duduk di kelas 2 SD ditetapkan bertanggal lahir: 1 Juli 1946.

Negeri yang aneh...

Anyway, sekilas cerita itu hanya untuk mengiringi ucapan selamat ulang tahun saya kepada ayahanda tercinta yang entah berapapun usia aslinya, kemarin beliau secara "resmi" berusia 61 tahun.
Reactions: 

Related

random notes 5787604409386178409

Posting Komentar Default Comments

8 komentar

isnuansa_maharani mengatakan...

titip salam buat ayah tercinta.
kalo ayah saya punya tanggal lahir "resmi"...

Mohammad Helman Taofani mengatakan...

Terima kasiih...hehehehe. Lucy your Da'.. :D

Ros Marya Yasintha mengatakan...

he..he..iya memang jaman dulu gitu..Bapak tahun 1946juga..dan malah dikira-kira dari musim awal tanam.. jadinya diperkirakanlahir bulan Juli juga..;)

Selamat buat Ulang tahun Ayahanda kamu ya.. Semoga Sehat selalu..

Ifool mengatakan...

cerita ini jadi mengingatkan gw ama temen gw dulu..

dia pny 2 taun kelahiran, menurut catatan di belakang lemari dia lahir taon 68, tp klo menurut catatan di tiang rumah dia lahir taun 67. tapi yg jelas menurut ibunya dia lahir waktu ada kapal pecah..hehehe makin bingung kan..?, om sy juga gitu, nenek bingung dia lahir tepatnya kapan, yg jelas katanya om masih merangkak waktu Jepang masuk ke Makassar...

eniwei, selamat ultah buat bapak yak..?, semoga sehat selalu...eh, anak2nya udah pada nikah kan yak..?

Mohammad Helman Taofani mengatakan...

@Ros...thanks, I'll forward it to my Da'. Anyway, Bapak juga kelahiran Juli 46? Wow, bisa sama gituh..hehehe. Jangan-jangan dipaksa Juli 46 juga.

@Ipul: Heyho...kelahiran istri gue juga ada dua tuh. Satunya 80, satunya lagi 81. "Ngakunya" sih 81 dia...hehehehe.

Ifool mengatakan...

hlo..?, koq bisa kayak gitu ..?, bukannya Gina lahirnya pas jaman udah tertata rapi..?..

:D

Mohammad Helman Taofani mengatakan...

Biasalah...curang bikin sesuatu. Gw kalo nurutin SIM pertama gw juga kelahiran 1979...hahahahaha.

Gene mengatakan...

@ Helman: Muke gua aja masih late 80's ginih huh.

@ Mas Ipul: Bukan begonoh mas, jaman sd ada kejuaran karate sama trilomba juang trus umurnya blum nyukup jadi aja... bokap gua cari akal.

Follow Me

-

SHOP

Popular

@helmantaofani

Arsip Blog

item