10 Film Adaptasi Komik Terbaik

Selepas Iron Man, beberapa situs referensi film sibuk memperbaharui urutan Top 10 Film yang Diangkat dari Komik. Iron Man cukup mempesona te...


Selepas Iron Man, beberapa situs referensi film sibuk memperbaharui urutan Top 10 Film yang Diangkat dari Komik. Iron Man cukup mempesona ternyata, terbukti dengan kacaunya bursa daftar sugestif tersebut.

Dan sayapun "latah" merevisi daftar yang sebelumnya memang belum pernah saya rilis. Inilah 10 Film Terbaik yang Diangkat dari Komik:

01. 300 (2007)
Bagi saya, inilah film yang komikal. Jika dulu Zack Snyder berusaha membuatnya manusiawi (meski budget-wise bakal lebih irit), film ini pasti hanya akan menjadi seperti Xena atau Hercules bersi layar lebar. Untung Snyder, yang disupervisi ketat oleh sang kreator Frank Miller, menempuh jalan terjal untuk menghasilkan novel grafis hidup di bioskop.

02. V for Vendetta (2006)
Saya membeli novel grafisnya, dan harus mengangkat jempol pada supervisi Wachowski bersaudara untuk menghasilkan simbol anarki ini. Adaptasi filmnya betul-betul bisa merangkum visi kisah aslinya, dan memadatkannya dalam durasi bioskop.

03. A History of Violence (2005)
Diangkat dari komik keluaran Vertigo. Dibintangi oleh Maria Bello dan Viggo Mortensen. Lebih "datar" dan sama sekali tidak ada unsur komikalnya. Tetapi secara film bisa menjadi sangat bagus dan rapi. Apresiasinya adalah merangkum unsur cerita yang mungkin biasa saja menjadi terlihat istimewa. Dan itu adalah pencapaian yang bagus bagi sebuah adaptasi.

04. Constantine (2005)
Banyak yang harus dibenahi, namun tetap menjadi sebuah film komikal. Secara alur, film ini jawara dengan pas membuat satu penuturan cerita yang mengalir untuk menjelaskan banyak karakter yang terlibat dalam kisah John Constantine. Casting Keanu juga lumayan meyakinkan sebagai begundal, meski awalnya banyak yang meragukan.

05. Iron Man (2008)
Dan kisah mutakhir adaptasi komik Marvel ini menempati posisi buncit di paruh daftar. Secara umum, masih bermuatan komikal. Poin plus-nya adalah melambungkan imej Iron Man yang notabene tidak se-high profile Superman atau Spiderman. Untuk itu, kerja keras Jon Favreau dan Robert Downey Jr. patut diacungi jempol.

Sedangkan paruh keduanya diisi (secara berurutan) oleh: Batman Returns (1992), Spider Man (2002), American Splendor (2003), Sin City (2005) dan diakhiri X2: X-Men United (2003). Secara personal, penilaian saya masih menggunakan parameter sama. Apakah mereka tampil secara komikal? Dalam bahasa yang simpel, komikal berkonotasi dengan gambar. Jadi, film yang tampil komikal adalah film yang secara apresiasi gambar mampu menyuguhkan hal yang menarik dan mampu menjadi highlight. Di samping itu, alur juga harus mampu diceritakan secara utuh melalui bahasa gambar. Untuk itulah kesepuluh film tersebut saya nyatakan sebagai 10 Film Adaptasi Komik terbaik.

Menyusul mungkin, beberapa film dari komik akan mengunjungi bioskop terdekat. Dimulai dari Dark Knight Return, Hulk, The Spirit dan Wolverine. Mungkin saja, daftar ini akan kembali berubah.
Reactions: 

Related

movie 8452492466805921050

Posting Komentar Default Comments

2 komentar

tammi prasetyo mengatakan...

ehh constantien bagus tuh! suka banget :) jah

Hilman mengatakan...

Iya, setelah dipikir emang itu termasuk film adaptasi komik yang gue suka. Although untuk top movie overall not even close in 30 besar mungkin.

Follow Me

-

SHOP

Popular

Arsip Blog

item