RIP Howard Zinn

Rise! Life is a motion, and I'm stuck in line. Rise! You can't be neutral, on a moving train.



Rise! Life is a motion, and I'm stuck in line.
Rise! You can't be neutral, on a moving train.



Bagi yang suka membaca literatur nonfiksi sejarah, pasti familiar dengan buku "A People History of the United States", sebuah "kompilasi" sejarah dengan metodologi paling kritis, tanpa tendensi pembelaan, propaganda atau aspek politis. Buku ini lantas diadopsi dalam bentuk komik (sebagai salah satu rujukan utama) "Cartoon History of USA" gubahan Larry Gonick.

Buku "A People History..." tersebut ditulis oleh sejarawan Amerika, Howard Zinn, yang sumbangsih metodologinya dianggap sejajar dengan tokoh posmodernis lainnya. Saya sendiri "baru" mulai membaca buku Zinn sebagai ekstensi literatur setelah melahap komik Gonick. Sementara nama Zinn, sudah terlebih dahulu saya kenal, karena acap disebut oleh Pearl Jam dalam bootleg-bootleg circa 1992!

Howard Zinn adalah cendekia yang saya kenal karena bergelut dengan Pearl Jam. Secara band, Pearl Jam memasukkan Zinn dalam salah satu cendekia yang diminta menulis pada annual newsletter untuk fans pada tahun 2002, bersama dengan nama lain seperti Noam Chomsky, Michael Moore dan sebagainya, mengenai ketidakseimbangan perspektif dalam masyarakat AS paska insiden WTC 11 September 2001.

Secara khusus, Howard Zinn adalah salah satu "muse" bagi Pearl Jam, khususnya Eddie Vedder. Vedder bahkan menulis lagu "Down" di atas kutipan terkenal Zinn: "You can't be neutral, on a moving train" (yang juga jadi judul buku karya Zinn). "Down" juga disumbangkan Vedder sebagai soundtrack untuk film dokumenter "You Can't be Neutral on a Moving Train". Selain itu, Eddie Vedder juga terlibat dalam monolog "The People Speak", berisi pembacaan narasi tulisan Zinn oleh selebriti seperti Josh Brolin, Viggo Mortensen, Bob Dylan, Matt Damon dan sebagainya. Vedder tak pernah alpa membawakan "Down" bila Pearl Jam pentas di Boston, tempat tinggal Zinn. Paling gres, Pearl Jam dan Social Distortion bergabung di atas pentas pada konser Philadelphia (membawakan "Down" dan "Ball and Chain"), Oktober tahun lalu, untuk sama-sama mendoakan Zinn yang memang tengah sakit.

27 Januari 2010 ini, Howard Zinn meninggal dunia dalam usia 87 tahun. Kita, sebagai fans Pearl Jam, bolehlah menunjukkan tanda duka dengan memutar lagu "Down" hari ini.
Reactions: 

Related

random notes 3697397175258882452

Posting Komentar Default Comments

Follow Me

-

SHOP

Popular

@helmantaofani

Arsip Blog

item