Networking the Globe

Akhir tahun saatnya awards. Bagi film, holy grail-nya adalah Oscar (Academy Awards), tapi Golden Globe juga merupakan penghargaan prestisi...



Akhir tahun saatnya awards. Bagi film, holy grail-nya adalah Oscar (Academy Awards), tapi Golden Globe juga merupakan penghargaan prestisius yang bisa diraih seorang aktor, sineas dan pekerja film lainnya.

Dan nominasi Globe sudah dibuka Rabu pagi (14/12 malam waktu US), dengan (as expected) film favorit saya, "The Social Network" poppin everywhere in every possible category seperti jerawat jelang promnite.

Kategori paling prestisus, tentunya, Best Motion Picture, The Social Network akan bersaing dengan Black Swan, The Fighter, dan The King's Speech, tiga heavy runners yang juga muncul di banyak kategori. Film lain yang muncul adalah Chris Nolan's Inception.

Di departemen akting, Jesse Eisenberg muncul sebagai nominasi sebagai Best Actor yang bersaing dengan Colin Firth dan Mark Wahlberg, dari The King's Speech dan The Fighter respectively. James Franco dan Ryan Gosling menyeruak melalui peran mereka di 127 Hours dan Blue Valentine.

Andrew Garfield mendapatkan nominasi sebagai Best Supporting Actor, bersaing dengan Christian Bale (The Fighter) dan Geoffery Rush (The King's Speech). Michael Douglas (Wall Street) dan Jeremy Renner (The Town) juga muncul di daftar ini. Ini ajang berat bagi Garfield, mengingat kompetitornya adalah langganan awards.

Sebagai sutradara (dalam kategori Best Director), David Fincher kembali akan bersaing dengan Darren Aronofsky (Black Swan) yang 2 tahun lalu sama-sama kalah dari Danny Boyle di Academy dan Globe. Tim Hopper (The King's Speech) dan David O Russel (The Fighter) masih membayangi The Social Network. Chris Nolan juga muncul di kategori ini.

Aaron Sorkin, penulis naskah The Social Network, muncul juga di Best Screenplay, dan masih diikuti oleh David Seidler via The King's Speech. Kompetitor lainnya adalah Chris Nolan (Inception), Danny Boyle (127 Hours) dan Lisa Cholodenko (The Kids are Allright).

Jatah terakhir The Social Network disabet oleh Trent Reznor dan Atticus Finch yang meraih nominasi di Best Original Score. Mereka akan bersaing dengan komposer hebat macam Hans Zimmer (Inception), Danny Elfman (Alice in Wonderland), Alexandre Desplat (The King's Speech) dan AR Rahman (127 Hours).

Kategori yang miss? "Best Actress" dan "Best Supporting Actress" tentu terlewat karena tak ada peran menonjol dari aktris di The Social Network. Dari semua kategori yang diikuti, peluang terberat rasanya harus dijalani Andrew Garfield. Sementara keunggulan utama mungkin dari departemen naskah dengan Aaron Sorkin sebagai unggulan utama.

Well, kita akan lihat berapa awards yang bisa diamankan David Fincher and co, setelah dua tahun lalu menjadi biggest loser via Curious Case of Benjamin Button. The King's Speech menjadi unggulan utama kali ini menyabet 8 nominasi, sementara The Fighter dan The Social Network masing-masing dengan 7 nominasi.

Pengumuman pemenang Golden Globe akan diadakan pada 16 Januari 2011. Nominasi selengkapnya bisa dicek via situs resmi Golden Globe.
Reactions: 

Related

the social network 1666235991004875438

Posting Komentar Default Comments

1 komentar

Helman Taofani mengatakan...

As expected, Social Network mengambil Globes di kategori "Best Director", "Best Screenplay", dan penghargaan bergengsi "Best Motion Picture". "Original Score" juga berhasil dimenangkan.

Follow Me

-

SHOP

Popular

@helmantaofani

Arsip Blog

item