Pearl Jam: Band Yang "Mendengar"

Bacaan penambah kredo iman para Jamily. Konser Pearl Jam di Calgary, Kanada (21 September 2011) lalu memberikan kesan khusus bagi fans P...

Bacaan penambah kredo iman para Jamily.



Konser Pearl Jam di Calgary, Kanada (21 September 2011) lalu memberikan kesan khusus bagi fans Pearl Jam. Tak hanya dari susunan setlist lagu yang dibawakan mereka, namun juga detail kecil di sela-sela konser.

Dari percakapan di forum penggemar Pearl Jam, Ten Club Community Forum, seorang user dengan ID nothingman4 menulis:

"Sepupu saya, Sean, adalah inspirasi bagi saya dan keluarga untuk menggemari band ini. Ia merupakan sepupu tertua, dan membuka mata kami terhadap 'agama' yang kita sebut Pearl Jam. Ia meninggal pada 2007 dan kami sekeluarga sangat terpukul kehilangannya.

Bersama dengan adik saya, kami bertemu Mike McCready pagi di hari konser. Kami berbicara mengenai beberapa hal, seperti tentang Calgary, pekerjaan dan beberapa hal lainnya. Sebelum ia pergi, saya menjelaskan apa yang saya tulis di paragraf atas. Saya bilang bahwa Sean sangat menyukai 'Deep' dan sayangnya ia belum pernah mendengarkan lagu itu dibawakan live. Saya meminta kepada Mike agar band membawakannya malam itu."

Melesat beberapa jam, pada saat konser memasuki lagu ketujuh, Eddie Vedder berkata kepada audiens konser:

"Ini adalah lagu yang sebetulnya jarang kami mainkan lagi. Namun saat ini kami ingin memainkannya dan berharap bahwa seseorang bernama Sean bisa mendengarkannya."

Lalu dibawakanlah "Deep".

Usai lagu tersebut, Ed menyambung topik tentang Sean dengan mendedikasi lagu berikut, "Light Years", untuknya. Lagu tersebut memang bercerita tentang kehilangan akibat kematian.

User nothingman4 kemudian melanjutkan tulisannya di forum:

"Tak hanya memainkan (Deep), mereka juga mendedikasikannya untuk Sean. Begitu juga dengan 'Light Years'. Sungguh momen yang tak terbayangkan bagi kami sekeluarga di konser tersebut. Itu adalah sesuatu yang tak mungkin kami lupakan, dan akan kami kenang selamanya.

Terima kasih Pearl Jam."

Tak hanya nothingman4 yang berbahagia, seorang penggemar bernama Joe juga bahagia bukan kepalang. Sepanjang konser ia memegang papan bertuliskan "Please Play Parachutes", merujuk pada lagu dari album kedelapan Pearl Jam. Sesi encore pertama, Eddie membawa Joe ke atas panggung (sebagaimana foto di atas) dan menyanyikan "Parachutes" bersama-sama.

Bukan hanya penggemar yang mendapat porsi dedikasi. Menyusul berita bubarnya REM, pada lagu ke-13, Pearl Jam memainkan lagu band asal Georgia tersebut, "It Happened Today" yang didedikasikan kepada Mike Mills, Michael Stipe, dan Peter Buck. Di versi album (Collapse Into Now - album terakhir REM), Vedder memang membantu menyumbang suara.

Topik ini mendapatkan porsi diskusi menarik di Pearl Jam. Semua sepakat bahwa hal-hal kecil seperti ini menunjukkan bahwa band ini memang menempatkan penggemar mereka setara. Mereka selalu mendengarkan dan peduli kepada fans, dan juga ke sesama musisi. Momen seperti inilah yang selalu menambah kecintaan mereka kepada Pearl Jam.

Foto: Karen Loria/Pearl Jam Flickr
Reactions: 

Related

tenclub forum 7410986191188593001

Posting Komentar Default Comments

1 komentar

iPul dg.Gassing mengatakan...

gila ya..
saya sampe merasa gimana gitu membaca ceritanya..
benar-benar band yang mendengarkan..

Follow Me

-

Popular

Arsip Blog

item