Hari Blogger

Selamat Hari Blogger Nasional, saudara-saudara. Saya yang blogging semenjak 2003 ini, belum begitu paham kenapa blogging perlu dirayaka...

Selamat Hari Blogger Nasional, saudara-saudara.



Saya yang blogging semenjak 2003 ini, belum begitu paham kenapa blogging perlu dirayakan (pada tanggal 27 Oktober). Bahkan dibuat organisasinya (dan secara mengejutkan juga berlaku intrik-intrik politis di dalamnya).

Dulu, ketika awal memulai, jujur saya ikut di berbagai asosiasi dan perkumpulan blogger demi traffic. Lalu saya tak menemukan kemistri di sana, karena hal itu sejatinya analogus dengan perkumpulan penulis buku harian. Aneh untuk berkumpul demi sesuatu yang personal.

Saya pernah bertanya ke beberapa kawan, apakah fenomena berserikat dan berkumpul bagi para blogger ini juga lumrah dilakukan selain di Indonesia? Sepertinya di sini, masyarakat kita - terutama generasi sekarang - sangat doyan membentuk perkumpulan-perkumpulan, yang ujungnya acap dibumbui intrik perebutan status sosial.

Lantas saya melanjutkan blogging tanpa terlalu peduli dengan traffic. Pembaca setia sudah terpolar, dan minimal ada saya yang selalu senang membaca tulisan sendiri. Lalu istri saya. Dan kadang beberapa kawan (termasuk yang masih subscribe RSS - thank you for that!). Saya sangat bangga masih mengisi halaman ini, dan bahkan baru saja memperpanjang domain untuk setahun ke depan.

Intensitas blogging, seperti halnya tren global, tentu ikut menurun dengan munculnya social network, microblogging dan aneka tawaran public blogging (blog dalam jejaring sosial). Posting saya kini terpecah menjadi ribuan update status, cross-posting, dan sebagainya. Mungkin menarik bila suatu saat ada dokumentasi juga mengenai hal itu.

Hasilnya, bisa Anda tengok di bar samping sebelah kanan yang berisi statistik postingan. Tahun ini, yang masih menyisakan dua bulan, posting tulisan saya masih di bawah rerata. Saya tidak akan mengejar untuk mencapai rerata. Biarlah blog ini berjalan sesuai mekanisme naturalnya.

Namun saya juga angkat topi dengan beberapa kawan, atau blogger yang masih antusias menulis di blog pribadi mereka. Bagi saya, semangat mereka memang pantas dirayakan.

Selamat merayakan harimu, kawan-kawan blogger!
Reactions: 

Related

random notes 1183960986773463842

Posting Komentar Default Comments

Follow Me

-

SHOP

Popular

Arsip Blog

item