My Actual Playlist

Setengah tahun lalu saya mempublikasikan tulisan tentang playlist idaman saya (klik di sini bagi yang ingin membacanya lagi). Saya membua...



Setengah tahun lalu saya mempublikasikan tulisan tentang playlist idaman saya (klik di sini bagi yang ingin membacanya lagi). Saya membuat tulisan tersebut lantaran malam sebelumnya mendengarkan ke program RRI Pro 2 setiap Jumat malam minggu kedua yang menampilkan setlist pilihan salah seorang pendengarnya. Waktu itu saya mendengarkan setlist atau playlist pilihan mas Nito Septian, mantan gitaris Nugie/ALV yang sekarang bergabung di band cover Pearl Jam, Perfect Ten.

Playlist yang saya susun awalnya (sesuai di tulisan lampau) cenderung bermain-main. Saya membentuk playlist yang bila diambil huruf depannya saja merupakan alfabet tulisan nama saya (there you go, the key to the mistery). Ketika saya uji di perangkat pemutar lagu, hasilnya agak kurang sreg. Moodnya terlalu "liar" dan tidak di-setting.

Lalu, Jumat (9/12) lalu saya diberi kesempatan untuk menyusun playlist yang akan diudarakan dalam program yang sama dengan mas Nito. Sebulan sebelumnya, kawan saya, Ikhwan, terlebih dahulu siaran dengan playlistnya yang berisi full lagu-lagu punk kesukaannya (dan barangkali beberapa yang preferensi pribadinya). Menariknya, salah satu segmen acara ini ada penilaian playlist oleh pendengar. Jadi, memang strateginya juga harus mengakomodasi telinga para pendengar acara "Rock The Night" yang cenderung antara heavy metal dan old school rock.

Nah, di satu sisi, "tampil" seperti Ikhwan menarik juga, yakni dengan tetap menjadi diri sendiri. Masalahnya, tidak semua yang saya suka masuk di range preferensi pendengar acara tersebut. Maka saya memilih jalan yang bisa mengakomodasi lebarnya range musik kesukaan saya dengan memuat lagu-lagu daur ulang.

Lagu recycle memberi kesempatan saya untuk membawa lagu dari era lama dibawakan oleh musisi dari era yang lebih baru. Ini menjadi benang merah kurasi duapuluh buah lagu yang akan saya bawa. Saya bisa memuat Johnny Cash sampai dengan My Chemical Romance! Durasi juga menjadi pertimbangan khusus, dengan patokan rumus klasik bahwa "radio-friendly-song" itu tak lebih dari 5 menit. Selain itu, dengan versi recycle, audiens mungkin bisa lebih menangkap kekuatan sebuah lagu yang lebih susah dicerna apabila mendengar versi aslinya.

Lagu "Desolation Row" milik Bob Dylan misalnya. Aslinya merupakan lagu folk-ballad yang bagi telinga orang Amerika lebih familiar, namun relatif asing di pendengar kita. Nah, versi My Chemical Romance yang berbau punk metal mungkin bisa menjembatani. Begitu juga "Anarchy in the UK" milik The Sex Pistols, yang direspon kurang bagus pada saat Ikhwan memutar lagu sejenis, dengan versi Megadeth barangkali pendengar bisa lebih mengapresiasi mengapa lagu tersebut monumental.

Syarat kecil lainnya adalah saya wajib menyukai dua versi, baik asli maupun cover-nya. Dan inilah playlist aktual yang diputar di acara "My Playlist" Rock the Night, RRI Pro2 (105 FM) pada hari Jumat lalu:

01. DESOLATION ROW
My Chemical Romance (Original: Bob Dylan/1965)
Watchmen OST

02. C'MON AND LOVE ME
Skid Row (Original: Kiss/1975)
B-Sides of Ourselves

03. I FOUGHT THE LAW
Green Day (Popular: The Clash/1980)
Single/EP

04. HOW COULD I JUST KILL A MAN
Rage Against the Machine (Original: Cypress Hill/1991)
Renegade

05. I WALK THE LINE
Live (Original: Johnny Cash/1956)
Awake

06. LOVE ME TWO TIMES
Aerosmith (Original: The Doors/1967)
Young Lust

07. SWEET DREAMS (ARE MADE OF THIS)
Marilyn Manson (Original: Eurhytmics/1983)
Least We Forget

08. WELCOME HOME (SANITARIUM)
Whitfeld Crane, Jim Marshall, Scott Ian (Original: Metallica/1986)
Metallic Assault

09. KERETA LAJU
Boomerang (Original: Leo Kristi/1977)
Segitiga

10. HOLE IN THE SKY
Machine Head (Orginal: Black Sabbath/1975)
Nativity in Black II

11. ANARCHY IN THE UK
Megadeth (Original: The Sex Pistols/1976)
So Far S0 Good So What

12. STREET FIGHTING MAN
Tesla (Original: The Rolling Stones/1968)
Reel to Reel 2

13. LEAVING HERE
Pearl Jam (Popular: Motorhead/1977)
Home Alive/Lost Dogs

14. ANOTHER BRICK IN THE WALL (PT 2)
Class of 99 (Original: Pink Floyd/1979)
The Faculty OST

15. ALIVE
Bamboo (Orginal: Pearl Jam/1991)
We Stand Alone Together

16. MISTY MOUNTAIN HOP
4 Non Blondes (Original: Led Zeppelin/1971)
Encomium

4 lagu di bawah ini masuk ke daftar yang saya bawa, namun tidak sempat diputar karena durasi.

17. I BELIEVE IN MIRACLES
Eddie Vedder & Zeke (Original: The Ramones/1989)
We Are A Happy Family

18. NUTSHELL
Staind (Original: Alice in Chains/1994)
The Singles 1996-2006

19. DIAMONDS AND RUST
Judas Priest (Original: Joan Baez/1975)
Rocka Rolla

20. CALL ME
Franz Ferdinand (Original: Blondie/1980)
War Child Heroes
Reactions: 

Related

RRI Pro2 7158635646560935227

Posting Komentar Default Comments

Follow Me

-

Popular

Arsip Blog

item