Argo Penuhi Ekspektasi

It has caught my attention since the teaser were rolled prior to The Dark Knight Rises premiere last year. 


It has caught my attention since the teaser were rolled prior to The Dark Knight Rises premiere last year. 


Faktor lagu Aerosmith (Dream On) sebenarnya, yang membuat saya tertarik karena muncul di teaser. Lalu, pada saat rilis di September, saya dan tim Klasika Kompas mengangkatnya ke rubrik Trivia Film untuk dibahas.

Klasik, film bagus tapi berpotensi tidak laku memang sering ketinggalan di Indonesia. Demikian juga dengan Argo, yang sejatinya dirilis beberapa bulan lalu. Premis tema memang tidak terlalu mentereng. Upaya CIA membebaskan 6 warga Amerika Serikat di Iran pada masa revolusi (tahun 1979).

Ben Affleck mengambil peran sutradara setelah terbilang sukses dengan proyek sebelumnya, The Town. Kali ini ia bermain, sebagai Tony Mendez, agen CIA pakar dibidang eksfiltrasi, alias mengeluarkan orang. Affleck didukung oleh Alan Arkin, Bryan Cranston, dan Scoot McNairy.

Sesuai The Town, ekspektasi tentu akan merujuk pada sebuah alur film yang berjalan pelan, datar, dan subtle. Anda tidak keliru. Tetapi faktor itu tentu akan mendukung realisme, lantaran film ini didasari oleh kisah nyata. Dengan realisme sebagai pijakan, maka tidak akan ada twist karena tuntutan setia dengan fakta. Sehingga akting, sinematografi, dan feel film akan menentukan apresiasi Argo.

Beberapa teknik sinema untuk menunjang sisi menarik tetap dipertahankan tentu. Bagaimanapun ini adalah proyek komersial. Masih ada dramaturgi yang membuat klasifikasi Argo adalah thriller spionase.

Golden Globe mengganjar Ben Affleck sebagai sutradara terbaik, dengan Argo beredar di beberapa kategori bergengsi termasuk memenangkan Best Picture. Lucunya, Academy menolak Affleck. Tapi itu tak membuat Argo kehilangan sorot.

Kini, pasca Golden Globe dan banyak blurb jelang Oscar, saya meramal bahwa giliran bioskop Indonesia akan tergopoh-gopoh menayangkannya. Jikapun tidak, DVD aslinya telah dirilis dan Anda bisa menikmati sendiri.

Sedikit spoiler, Aerosmith absen, Led Zeppelin yang muncul (When the Leave Breaks).
Reactions: 

Related

oscar 1307004399183195940

Posting Komentar Default Comments

Follow Me

-

Popular

Arsip Blog

item