Selayang The Revenant

Leonardo DiCaprio adalah karakter meme yang acap beredar jelang acara penghargaan. Utamanya Academy Awards dan seputar obsesi Leo untuk m...


Leonardo DiCaprio adalah karakter meme yang acap beredar jelang acara penghargaan. Utamanya Academy Awards dan seputar obsesi Leo untuk memenangkan Oscar kali pertama. Kali ini akan dicoba melalui The Revenant.

Membaca deskripsi singkat di Wikipedia mengenai The Revenant disebutkan genre film ini sebagai epic western. Saya pikir ini epsiode lain dari Leo bermain koboi setelah dulu masih kinyis-kinyis disikat Sharon Stone via film The Quick and the Dead (1995).

The Revenant diangkat dari kisah nyata survival Hugh Glass (Leonardo DiCaprio), pada periode perluasan teritori Amerika yang berkedok perburuan bulu binatang (utamanya bulu berang-berang). Di era inilah gesekan dengan kaum pribumi (Indian) mengemuka, dan menjadi setting antara lain The Last of the Mohicans. Hugh Glass barangkali mengingatkan kita pada sosok Hawkeye atau Natty Bumppo yang berkawan dengan suku Indian Mohawk di epos gubahan JF Cooper tersebut. Glass adalah keturunan Skotlandia-Inggris yang pernah hidup di tengah Indian Pawnee. Ia menjadi pemandu regu para-militer yang bekerja mengumpulkan bulu binatang menyusuri sungai-sungai di pedalaman benua baru. Konflik muncul dengan suku Arikara (disebut Indian Ree) yang bekerja mengumpulkan bulu bagi pemburu Perancis.

Sama dengan meme tenar yang beredar di media sosial, Hugh Glass diserang oleh beruang grizzly dan cedera parah. Glass yang cedera parah lantas ditinggalkan rombongan dan harus hidup di tengah belantara Amerika. Sampai di sini, sinopsis tidak bisa dikategorikan sebagai spoiler, karena kisah Glass ini sedemikian tenar di negeri Paman Sam hingga monumen, patung, dan bahkan taman atas namanya bertengger di South Dakota.

Film ini adalah amalgamasi drama, kisah epik historis, dan terlebih lagi tentang survival. Jadi jangan terkecoh oleh kategorisasi epic western yang disematkan. Seperti halnya kebanyakan film mengenai survival, aktor utamanya akan menjadi gravitasi cerita. Leonardo DiCaprio berperan sebagai Hugh Glass, dan ia kembali mengincar Oscar pertamanya setelah berkali-kali gagal dan hanya jadi meme viral.

Departemen akting (didukung juga oleh Tom Hardy, Will Poulter, dan Domnhall Gleeson), penyutradaraan, film editing, dan juga sinematografi rasanya akan mendapatkan ganjaran nominasi Academy Awards. Alejandro Gonzales Inarritu berada di belakang layar dengan ciri khasnya penggalian karakter dan detail pengambilan gambar yang khas.

Adegan pembuka, skirmish antara Indian Ree dan kelompok Glass menjadi peragaan long shot yang menarik. Tiap adegan menjadi mata rantai bagi adegan berikutnya sehingga sambung-menyambung. Teknik ini salah satunya mengantarkan Oscar bagi Inarritu untuk film sebelumnya, Birdman (2015). Sinematografer Emmanuel Lubezki yang bekerja di Birdman juga masih menggawangi The Revenant.

The Revenant dijadwalkan rilis pada 8 Januari 2016. Seperti biasanya film yang bertarung di ajang penghargaan, biasanya bioskop lokal baru akan memberi kesempatan tayang setelah acara dihelat. Untuk itu, sementara ini nikmati dulu meme-meme viral yang akan beredar seputar beruang grizzly dan perjuangan Leo DiCaprio untuk Oscar.
Reactions: 

Related

the revenant 8753830485337492743

Posting Komentar Default Comments

Follow Me

-

SHOP

Popular

Arsip Blog

item