Kegelisahan dan Paradoks Pandora

Anxiety, kegelisahan kita bukanlah karena memikirkan nasib dunia yang akan segera dikuasai zombie. Bukan juga karena ada tokoh jahat yang...


Anxiety, kegelisahan kita bukanlah karena memikirkan nasib dunia yang akan segera dikuasai zombie. Bukan juga karena ada tokoh jahat yang berencana ingin menguasai dunia.

Kegelisahan kita senyata menunggu hasil test pack dari istri. Tidak bisa tidur karena besok pengumuman masuk universitas. Penasaran dan kepo menunggu jawaban "gantung" dari Kedutaan yang berkata keputusan visa kita akan keluar Senin depan.

Saya pikir nilai-nilai anxiety itu yang menjadi pemuncak film "Allied", garapan Robert Zemeckis. Banyak hilang fokus (mengenai tujuan film), tapi kurang lebih ingin berkata bahwa hidup itu adalah paradoks Pandora. Sebetulnya kita ingin menunggu esok karena misteri yang akan dibawanya sembari mendekap erat posesi kemarin.

Brad Pitt berperan sebagai Max Vatan, field operative taktis angkatan udara Kanada yang bertugas di Perang Dunia II. Ia bekerja sama dengan Marianne Beausejour, diperankan Marion Cottilard, sebagai agen Perancis yang teliti. Plot film cukup sederhana, dan mungkin bisa ditebak bagaimana jalan cerita.

Mungkin karena terlalu sederhana itulah "Allied" berpotensi memicu gerutu dari orang yang menyaksikannya. Sebetulnya apresiasi film paling mudah adalah membandingkan ekspektasi dan kenyataan.

Sebagian menonton "Allied" untuk tahu makhluk seperti apa yang menggagalkan rumah tangga Brangelina. Mengintai seberapa dahsyat Cottilard meruntuhkan tembok pertahanan Pitt dari Angelina Jolie.

Sebagian lagi tergiur dengan premis dan teaser yang dirilis sehingga mengingatkan orang untuk mendapatkan ba-bi-bu spionase Perang Dunia II atau minimal thriller ala "Inglorious Basterds" yang juga ada Brad Pitt, orang Perancis, dan Nazi.

Tapi ini adalah film genre drama. Pesan disampaikan secara subtle, melalui akting dan chemistry, yang tentu membutuhkan jalan cerita yang tak terlampau kompleks.

Sulit berbicara resensi film "Allied" tanpa terlau blabbingmouth. Pesan saya satu saja, nikmati saja "ketegangan" lain yang mungkin erat hubungannya dengan anxiety sehari-hari Anda. Bukan ketakutan karena alien siap menginvasi dunia.

Sesungguhnya "menerima kenyataan" adalah hal yang paling tidak manusiawi.
Reactions: 

Related

STICKY 4922384924718977204

Posting Komentar Default Comments

Follow Me

-

Popular

Arsip Blog

item