Brightspot dan Pasar Analog


Tengah malam lewat limabelas menit tadi kami baru selesai loading dan set up booth untuk Goodvibes, produk artisan organic skincare milik istriku, di Brightspot Market.

Booth set-up kami cukup low key, dibanding peserta lainnya. Card-board (kardus) yang ditumpuk saja. Ini Brightspot Market pertama yang diikuti Goodvibes. Menjajal segmen urban lifestyle yang ternyata banyak meminati produk seperti Tension Reliever atau Sleep Aid.

Kami kenal Brightspot pertama tahun 2011, waktu itu di Plaza Senayan. Impresif melihat kreativitas para pembuat produk (umumnya artisan dan lokal). Dari event itu bisnis kurasi berkembang, lalu memunculkan gerai-gerai khusus macam The Goods Dept dan sebagainya.

Tiap penyelenggaraan Brightspot, kami selalu berkunjung. Bagi saya, meski jarang beli sesuatu, momen ini adalah kesempatan untuk membuka wawasan ke tren desain. Font apa yang lagi sering dipakai. Bagaimana desain booth yang kekinian. Warna-warna apa yang muncul. Ini salah satu barometer skena desain grafis dan desain produk pula.

Tahun ini pertama kali melihat proses loading dan set up, berhubung menemani Goodvibes yang jadi peserta. Melihat langsung set up aneka booth yang menarik, niat (tentunya), serta dikolaborasikan dengan seni grafis.

Melihat sekilas, tren painting dan handwritten font relatif masih hangat. Banyak booth yang menggunakan aksentuasi serta ilustrasi yang mewujudkan kesan analog nan handmade. Ini menarik tentunya, lantaran pengunjungnya bakal didominasi digital native.

Tapi curated market kaya gini kan produk analog juga. Orang masih harus datang, jalan, dan lihat. Padahal hampir semua tenant punya digital presence yang kuat. Bagi saya ini satu fenomena yang membuktikan bahwa analog dan digital itu bukan saling menihilkan. Bukan substitusi tapi komplimenter.

Kadang kita terlalu cepat memvonis, fenomena jargon dari lagu “video killed the radio stars”. Toh radio masih baik-baik saja. Video yang malah tamat riwayatnya.

Di Amerika, laporan jualan buku analog (buku cetak) dua tahun belakangan malah naik. Justru e-book yang sekarang nyungsep.

Pasar analog masih tetap ada. Seperti Brightspot ini, pengingat bagus, ada tapi tidak selalu ada. Bermain momentum. Kalau dulu suplai dan permintaan itu berwujud stok, sekarang kudu menambahkan dua value baru, yaitu kurasi dan timing.

Kunjungi Brightspot Market di Function Hall, PIK Avenue mulai hari ini (Kamis, 2 November) untuk undangan atau besok (Jumat, 3 November) untuk umum. Temukan booth Goodvibes Organic di A13 (depan stand Grab).
Reactions: 

Related

STICKY 7485580818946402735

Posting Komentar Default Comments

Follow Me

-

SHOP

Popular

Arsip Blog

item