Ciao Angelo!

Setelah menyelesaikan tugasnya dalam derby della capitale semalam (29/04/07), kiper SS Lazio ini menyatakan pensiun dari dunia sepakbola...


Setelah menyelesaikan tugasnya dalam derby della capitale semalam (29/04/07), kiper SS Lazio ini menyatakan pensiun dari dunia sepakbola. Angelo Peruzzi memang berencana pensiun akhir musim ini, tetapi terpaksa lebih cepat gara-gara cedera yang menimpa jari tangannya.

Peruzzi mengawali karir dari tim junior AS Roma, klub yang dihadapinya di pertandingan terakhir, sebelum berpetualang bersama Juventus selama 9 musim dari tahun 1991 sampai tahun 1999. Sempat hijrah sebentar ke Inter, Peruzzi menemukan lagi kebangkitan karirnya di Lazio dengan mengawal gawang Gli Aquilotti sejak tahun 2000 sampai pensiun di 2007.

Prestasi puncak Peruzzi adalah ketika meraih gelar juara Liga Champions di tahun 1996, dan menjadi bagian dari Super Juve yang mendominasi Eropa selama 3 tahun berturut lolos ke final Liga Champions Eropa. Di kancah tim nasional Italia, Peruzzi bisa dibilang kurang beruntung. Dirinya dipersiapkan menjadi kiper utama Azzurri di Piala Dunia 1998, tetapi cedera pada saat-saat akhir sehingga digantikan Gianluca Pagliuca. Nasibnya tidak jauh berbeda ketika di Euro 2000, cedera memaksa Francesco Toldo menggantikan dirinya. Di tahun 2006, Peruzzi menjadi bagian dari tim nasional Italia yang meraih gelar juara dunia di Jerman sebagai kiper ketiga.

Angelo Peruzzi cukup unik sebagai kiper karena postur tubuhnya yang tidak tinggi melainkan gempal. Tetapi Peruzzi menutupinya dengan antisipasi prima yang menjadikannya salah satu kiper terbaik Eropa di akhir 90-an. Lembaran karir Peruzzi ditutup dengan gemilang mengingat dirinya masih berada di level atas sepakbola domestik Italia, dengan turut mengantar Lazio berpeluang lolos ke Liga Champions musim depan.

Arrivederci Angelo Peruzzi...
Reactions: 

Related

football 4521591375924449606

Posting Komentar Default Comments

2 komentar

Ifool mengatakan...

Man..
koq gak bikin farewell notes bwat Costacurta, mentang2 dia gak 100% "pergi" dari Milan yak...

btw,soal Peruzzi ini jd ingat awal 90-an. emang rada aneh sih, kiper tp bodinya gendut n gak tinggi gt...tp salut jg dia bs bangkit setelah kasus suap di Roma....

Mohammad Helman Taofani mengatakan...

Wah belom kepikiran mo ngangkat dari angle mana. Lagian pas Billy pensiun, fokus lagi ke final ECL. Hehehehe.

Follow Me

-

SHOP

Popular

@helmantaofani

Arsip Blog

item