Pengalaman Konser di Pearl Jam Nite XI


Terakhir kali saya di kerumunan Pearl Jam Indonesia (PJID) adalah tahun 2015. Ketika itu ada hajatan konser tribut Pearl Jam di (almarhum) Rolling Stone Cafe, Jalan Ampera, Jakarta Selatan.

Saya melewatkan 2-3 gelaran lanjutan, termasuk Pearl Jam Nite X di Cirebon yang digelar tak lama dari gig Rolling Stone. Minggu (3/3) lalu, Pearl Jam Nite XI digelar di Jakarta. Hard Rock Cafe (Pacific Place) menjadi tuan rumah acara yang seperti pada Pearl Jam Nite I, digelar pada Minggu malam. Pilihan hari yang cukup "aneh" sebenarnya, tetapi tidak salah juga.

Baca juga: Rilis Pers Pearl Jam Nite XI

Kick Off

Acara dimulai sesuai flyer dan poster promosi yang beredar. Yaitu jam 7 malam tepat. Dibuka dengan The Kulums, band yang terpilih sebagai pembuka. Sayang, berkaca pada hajatan sebelumnya yang molor sejam-an, saya kelewat aksi mereka. Jam 7 malam saya dan beberapa kawan masih makan malam di Pacific Place.



Ketika kami tiba, usai mengantri tiket yang cukup lama, Sonic Rockstars tengah mengalunkan "Release" sebagai lagu pembuka.

Sonic Rockstars adalah band yang dipilih sebagai Pearl Jam. Berbeda dengan gelaran sebelumnya, kali ini Pearl Jam Nite berniat menghadirkan satu band saja untuk membawakan 30-40-an lagu. Sama seperti konser sebenarnya. Tetapi, karena cukup repot, akhirnya Sonic Rockstars menjadi aksi ensemble yang dibagi menjadi dua tim.

Set Utama

Tim I membuka konser tribut dengan sejumlah repertoir keren. Keren karena beberapa lagu mereka sungguh "random" (bagi fans umum Pearl Jam). Tetapi "gem" bagi penggemar berat, tentunya. Lagu seperti "Lightning Bolt", "I Got Id", atau "Comatose" tentu bukan pilihan paling populer. Namun, memang seperti itu adanya ketika kita menonton Pearl Jam sungguhan. Kita tidak tahu mereka akan membawakan apa.

Sonic Rockstars batch ini digawangi oleh eks personil Perfect Ten, band yang sempat beberapa kali menjadi semacam "host band" acara Pearl Jam Nite sebelumnya. Ada Arie, Ino, Deddot, dan Didit eks Perfect Ten. Adam, Reza, dan Andi (Alien Sick) juga mengisi di batch ini, bergantian sebagai vokalis dan basis respectively.

Set Tim I ini diakhir dengan Rearview Mirror yang secara statistik memang digunakan Pearl Jam untuk mengahiri set utama. Saya harus mengucapkan salut pada pilihan setlist ini, karena jumlah pada set Tim I ini juga sama dengan 95% set Pearl Jam di konser, yaitu 18 lagu. Jadi, tim ini membawakan main set konser Pearl Jam.

Encore Set

Menyusul berikutnya Sonic Rockstars Tim II, yang beranggotakan Nito, Alex (ALV), Uwie, Ungke, dan Fadila (Bittertone). Mereka mengiringi vokal Jessy dan Amank Syamsu (Omni). Pada interlude, tampil bintang tamu yang melengkapi 3/5 ALV ketika Nugie hadir. So, bisa dibilang Tim II ini adalah Encore Set pada konser Pearl Jam. Setlist mereka penuh dengan hits dan lagu cover. Sama dengan struktur konsernya.

Nugie bergabung untuk membawakan "Small Town" dan dua lagu: "Pembuat Teh" dan "Pelukis Malam" yang merupakan lagu dari album triloginya. Ia memungkasi penampilan dengan "Jeremy".

Set kembali ke Tim II, dengan susunan lagu cover (Mother Love Bone, Pink Floyd, Queen, The Who) dan hits ("Alive", "Porch"). Set ditutup dengan "Yellow Ledbetter" dan "Rocking in the Free World". Sama seperti konsernya, lagu yang dibawakan juga rata, dengan pengecualian absennya lagu dari album No Code.

Total 39 lagu dibawakan, ditambah dengan berbagai improvisasi (terutama pada "encore set"). Untuk ukuran konser Pearl Jam, angka ini tentu saja sedikit lebih panjang dari biasanya. Tetapi Pearl Jam juga pernah beberapa kali menghajar sejumlah lagu itu pada momen spesial. So, meski secara praktek ada dua band yang tampil di panggung, mestinya para pengunjung Hard Rock merasa puas mendapatkan 37 plus lagu.

Acara selesai jam 11 malam, atau 4 jam dari total durasi. Minus band pembuka, berarti ada 3 jam lebih larut dalam konser. Membawa memori dan pengalaman berada dalam konser Pearl Jam.

Foto-foto yang lain bisa dicek di sini.


Setlist Pearl Jam Nite XI

Hard Rock Cafe, 3 Maret 2019

Release
Dissident
Glorified G
Even Flow
Not For You
Corduroy
Nothingman
Go
Given to Fly
Faithfull
In Hiding
I Am Mine
Lightning Bolt
Comatose
Light Years
Amongst the Waves
I Got Id
Rearviewmirror

Encore:
Imagine (John Lennon)
Black
Better Man
Small Town
Pembuat Teh (Nugie)
Pelukis Malam (Nugie)
Jeremy
Why Go
Animal
State of Love and Trust

Encore II:
Chloe Dancer/Crown of Thorns (Mother Love Bone)
Comfortably Numb (Pink Floyd)
Hunger Strike (Temple of the Dog)
Daughter
Footsteps
Under Pressure (Queen)
Porch
Alive
Baba O' Riley (The Who)
Yellow Ledbetter
Rocking in the Free World (Neil Young)
Reactions: 

Related

STICKY 3164026964706607393

Posting Komentar Default Comments

Follow Me

-

Ads

Popular

@helmantaofani

Arsip Blog

Ads

SHOP

Translate

item